Rabu, 27 April 2016

Resume "Tuhan Maha Romantis"

Tuhan Maha Romantis

sedikit cerita, sebenernya bukan buku ini yang ingin saya resume bulan ini, tapi bukunya Ferudun Ozdemir yang berjudul "Allah Var Problem Yok (Allah ada masalah tiada)". tapi ternyata sampai mendekati deadline buku Ferudun belum mampu kunikmati hingga akhir. terlalu banyak excuse untuk mengabaikan buku ini sementara waktu. mungkin next month bisa terealisasi 😁

seperti dikejar deadline tidak ingin mendapatkan raport merah dalam kelas IM ini, maka kemarin melakukan sistem sks dalam menikmati "Tuhan Maha Romantis" nya Azhar.

ini adalah buku fiksi, tapi saya merasa tokoh-tokoh di dalamnya nyata dan dialami sendiri oleh penulis. sebuah novel romance yang sejujurnya cerita cinta di dalamnya biasa-biasa saja. tapi penulis mampu menyelipkan pesan kebaikan didalam setiap kalimat dalam buku ini. nasihat-nasihat terhadap tokoh utama yang seolah juga menjadi nasihat kepada pembaca.menyampaikannya tanpa terkesan menggurui.

novel ini menceritakan seorang Rijal Rafsanjani, pemuda yang lahir dari keluarga guru di Bandar Harapan, Lampung. yang harus meninggalkan orangtuanya karna diterima menjadi mahasiswa sastra indonesia di Universitas Indonesia.

dikampus tersebutlah perjuangan kisah cinta Rijal dimulai. seorang muslimah bernama Annisa Larasaty mampu menawan hatinya. Nisa atau Laras adalah senior di jurusan sastra indonesia. wanita yang cantik, cerdas, berpendirian, muslimah yang taat dan juga humoris. sementara Rijal adalah seorang lelaki yang puitis, suka menulis, pemalu dan sangat mengagumi ayahnya.

interaksi yang sering terjadi. pertemuan demi pertemuan dan kejadian demi kejadian yang tidak bisa dibilang kebetulan semakin membuat Rijal memilih untuk menjadi tawanan abadinya Laras. namun ia tetap menyimpannya, perasaan itu tidak juga berkembang menjadi kata. Rijal tau apa yang harus dilakukannya, menunggu, hingga waktu yang tepat. yaah, setelah Laras menyelesaikan yudisiumnya ia akan melamar Laras.

namun ternyata dia di hantam oleh kenyataan pahit. seusai yudisium Laras menghilang tanpa jejak. handphone, media sosial, sahabat dan rumahnya pun tidak bisa menjelaskan kemana Laras pergi.

hari berganti bulan, bulan berganti tahun, dan kini sudah genap lima tahun Laras menghilang. tetapi hati Rijal tidak pernah benar-benar bisa keluar dari penjara hati Laras walaupun cincin pertunangan sudah melingkar manis di jarinya. iya, Rijal sudah melamar wanita lain, wanita yang tidak kalah cantik, baik dan lembutnya dengan Laras. seorang anak dari sahabat ayahnya yang selama ini sudah banyak membantu ayah dan ibunya. lamaran itu terjadi bukan dengan tekad yang bulat, tetapi karna keinginannya membahagiakan ibunya, seseorang yang sangat di cintainya sepeninggal ayahnya.

namun pertemuan dengan Laras sore itu benar-benar menggoyahkan hatinya. Laras yang telah menghilang selama lima tahun, kini dengan sengaja datang ke Indonesia hanya untuk menemuinya.

demikianlah rencana Tuhan, tiada satupun yang tahu apa yang akan terjadi besok. namun itulah yang harusnya menguatkan kita. saat Tuhan memiliki scenario yang menurut kita tidak menyenangkan, Tuhan mungkin punya rencana lain.

banyak sekali quotes dalam buku ini. ada satu yang paling saya suka "Allah punya jalan cinta untuk orang-orang yang berpasrah. mereka percaya bahwa hanya ajaranNya lah software terbaik bagi hardware bernama manusia. tak ada jalan lain yang lebih indah dan berkah selain jalanNya. sayang sebagian besar kita (mem)buta(kan diri) sehingga tak melihat jalan itu. atau melihat tapi terlalu angkuh untuk menapakinya.

novel ini mengajak kita untuk menerima takdir Tuhan.

jika ingin mengetahui akhir cerita cinta Rijal dan Laras, sahabat IM baca bukunya sendiri yaa 😁.  bacanya sambil dengerin lagunya dengan judul yang sama. agar lebih lengkap ditemenin secangkir kopi deh 😄😄

Judul buku : Tuhan Maha Romantis
Jmlh hal : 208 hal
Penulis : Azhar Nurun Ala
Penerbit : azharologia
cetakan ke-4, september 2015

18 Maret 2016
Isnaini Annisa
Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar